Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendapatkan Uang Dari Game, Mudah Bro !

Ada kabar baik untuk pecinta game baik itu game console, PC atau mobile. Yang dulunya bermain game hanya untuk sekedar menyalurkan hobi saat ini terbuka lebar untuk bisa mendapatkan uang hanya dengan bermain game. Siapa sangka hanya bermain game dengan duduk-duduk santai bisa mendapatkan uang jutaan rupiah ?


Cara Mendapatkan Uang Dari Game


Dunia game yang saat ini dikenal dengan istilah E-Sport membuka beberapa peluang menuju profesional dalam berkarier di dunia game. Bahkan beberapa dari mereka bisa mengharumkan nama Indonesia diajang bergengsi seperti SeaGames yang baru berjalan saat lalu di Philipina. Apa saja profesi di dunia game agar bisa mendapatkan uang jutaan hingga milyaran rupiah ?


Jenis Pekerjaan Yang Bisa Mendapatkan Uang Dari Game


1. Pro Player


pro player esport


Untuk bisa menjadi pro player atau professional player tentunya harus menguasai game tersebut. Para pro player biasanya tergabung dalam sebuah tim resmi yang biasa disebut tim e-sport. Mereka harus menghabiskan waktu 6-8 jam perhari untuk terus berlatih bersama anggota tim untuk melatih kekompakan dengan tujuan untuk bisa memenangkan sebuah kejuaraan.


Sama halnya dengan dunia sepakbola, di e-sport juga terdapat bursa transfer jual beli pro player. Contohnya di divisi moba - mobile legends, pro player Lemon dari tim e-sport RRQ bernilai seharga USD 1.000.000 atau Rp.15M. Fantastis bukan ? Hanya bermain game dari HP bisa dihargai 15M.


Gaji Pro Player


Seorang pro player rata-rata memiliki penghasilan diatas UMK. Besar kecil gaji pro player tergantung kualitasnya. Jika sering memenangkan kejuaraan gaji pro player bisa mencapai puluhan juta. Tetapi tidak hanya dari gaji, mereka juga mendapatkan sponsor iklan, brand ambassador sebuah produk dan kontrak live streaming dari platform tertentu. Jika ditotal maka gaji seorang pro player bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta perbulan.


2. Caster


gaji caster esport


Sepakbola tanpa komentator akan terasa hampa, begitu juga dunia game. Istilah komentator didunia game dikenal dengan nama Caster. Dengan adanya caster menambah 'hype' sebuah jalannya pertandingan game, apalagi sebuah turnamen.


Caster bertugas untuk menganalisa, berkomentar tentang jalannya pertandingan. Meningkatkan euforia penonton juga menjadi salah satu tugas caster. Menjadi seorang caster juga tidak gampang, mereka perlu mengenali semua karakter, item, equipment dan skill dalam game tersebut.


Gaji Caster


Caster dibayar jika ada turnamen yang berlangsung. Tetapi jangan salah, seorang caster dibayar jutaan dalam sekali casting pertandingan. Jika sebulan ada banyak event turnamen, bisa dihitung sendiri berapa gaji caster dalam sebulan. 


3. Streamer


streamer esport


Jika pernah main diwarnet, pernah lihat satu anak maen game sedangkan banyak anak berdiri dibelakangnya untuk menonton anak tersebut bermain game ? Streamer hampir sama seperti itu tapi perbedaannya seorang streamer melakukan live streamer dan penontonnnya menonton secara live di hp atau komputer masing-masing.


Untuk menjadi streamer dan mendapatkan uang dari game tidak harus memiliki skill tinggi seperti pro player. Seorang streamer cukup memainkan game tertentu dan menampilkan tutorial, reaksi lucu dan interaksi dengan penonton sudah cukup mendatangkan penonton. Ternyata, banyak platform yang membayar gamer untuk melakukan live streaming di platform mereka.


Gaji Streamer


Gaji streamer terbilang cukup besar tergantung viewer dan follower channel mereka. Beberapa platform bisa mengkontrak atau membayar mereka hingga ratusan juta. Sebut saja JessNoLimit, streamer game mobile legends ini bisa membeli mobil ferari hanya dengan live streaming. Nominal gaji streamer sekitar 5-100 juta perbulan.


Permasalahan Mendapatkan Uang dari Game


Hampir disetiap perkerjaan mempunyai kendala, begitu juga dengan mendapatkan uang dari game. Untuk mencapai penghasilan diatas harus memerlukan proses yang cukup berat. Sebagai pro player, agar bisa dilirik oleh tim e-sport papan atas harus membuktikan dengan memiliki rank yang tinggi di tingkat public dan harus rajin mengikuti trial perektrutan disetiap sessionnya. Untuk menjadi caster yang hebat dan terus dipanggil diberbagai event tentu harus memiliki knowledge yang bagus akan game tersebut. Speech skill yang bagus dan terbiasa berbicara didepan kamera juga harus diperhatikan, karena tidak semua orang pandai dalam hal ini. Yang terakhir streamer, banyak diantara streamer pemula tidak memiliki viewer dan follower yang banyak. Mereka harus berinteraksi, membuat tutorial atau sekedar menyapa viewer untuk mendapatkan follower. Dari semua permasalahan diatas, jika serius ingin mendapatkan uang dari game tentu harus fokus dan disiplin. Tidak semudah kelihatannya, nikmati saja prosesnya.


Platform Live Streaming untuk Streamer


Sebagai streamer harus memilih platform yang tepat untuk mendapatkan antusias dari para penonton. Contohnya jika kamu seorang streamer game tetapi melakukan live streaming di Bigo Live, maka akan mendapatkan sedikit viewers karena Bigo Live adalah platform untuk chatting. Berikut adalah platform khusus untuk para gamer yang bisa mendatangkan uang.


Sebagai seorang streamer tidak harus memiliki skill yang tinggi, beberapa streamer ditonton karena tingkah dan reaksi-reaksi lucunya. Interaksi dan kedekatan streamer dengan viewer juga merupakan salah satu kunci keberhasilan sebagai streamer.


1. Youtube Gaming


streamer di youtube gaming


Youtube gaming merupakan favorit platform para streamer. Dimana penghasilan dari youtube terbilang paling besar, tidak ada batasan maksimum penghasilan dan gaji didapatkan dari iklan yang tayang dari live streaming. Kelebihan dari youtube, video dari live streaming bisa ditonton setelahnya dan tetap bisa di monetize.


Youtube sendiri merupakan group dari Google dan nantinya yang akan membayar seorang streamer adalah Google yang sudah termonetize dengan Google Adsense.


2. Facebook Gaming


streamer di facebook gaming


Facebok mempunyai program level up dimana facebook akan membayar streamer jika melampaui persyaratan WHR, ACU dan Star. Selain berjejaring sosial, beberapa viewer juga menyempatkan untuk menonton live streaming para streamer di facebook gaming. 


Ada 2 cara untuk mendapatkan uang dari facebook gaming yaitu dari facebook sendiri melalui program level up dan Star yaitu gift yang diberikan dari viewer yang nantinya bisa ditukarkan dengan sejumlah uang.


3. Nimo TV


streamer di nimo tv


Platform ini cukup terkenal dikalangan pemain game Mobile Legends dan PUBG. Nimo TV berisikan streamer-streamer terkenal dari 2 game tersebut. Para streamer ada yang masih sebagai pro player dan beberapa streamer lain memang sudah terkenal di Youtube. Viewers dari aplikasi Nimo TV didominasi 2 game tersebut. Jika memang bermain game Mobile Legends dan PUBG tidak ada salahnya untuk mencoba streaming di Nimo TV.


Sayangnya, Nimo TV hanya memberikan kontrak eksklusif kepada streamer yang sudah mempunyai follower. Sedangkan mereka yang tidak ada kontrak eksklusif dengan Nimo TV tetap bisa melakukan streaming, tetapi hanya mendapatkan uang dari gift viewers saja.

Khusus bagi streamer yang sedang melakukan live streaming untuk mendapatkan uang tambahan dari game bisa menggunakan pihak ketiga berupa donasi. Ada 2 platform donasi yang direkomendasikan yaitu :

- Saweria.co

- Sociabuzz.com

Dengan platform donasi ini, kamu bisa mendapatkan gift uang dari veiwer dan beberapa viewer meminta request atau sekedar bertanya sebagai imbalannya.


Sudah sedikit paham mengenai cara mendapatkan uang dari game bukan ? Itulah peluang bagi para gamer yang gabut dan ingin menyalurkan hobinya dengan lebih bermanfaat dengan cara mendapatkan uang. 

Post a Comment for " Cara Mendapatkan Uang Dari Game, Mudah Bro !"