Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengintip Panduan Donasi Saweria.co (Donatur dan Penerima Donasi)

Mengintip Panduan Donasi Saweria.co (Donatur dan Penerima Donasi)

Apabila anda termasuk dalam kelompok entertainer, gamer, atau seniman, maupun yang tertarik pada bidang tersebut dan ingin melakukan livestream yang bisa dimonetisasi, maka Saweria.co bisa menjadi solusinya. Platform ini merupakan monetisasi lokal yang berjenis donasi, dimana terdapat fitur donation tool yang tidak ribet. Sebelum menyimak panduan donasi Saweria.co (Donatur dan Penerima Donasi), yuk mengenal Saweria.co lebih dekat pada ulasan berikut.


Mengenal Saweria.co


Mengintip Panduan Donasi Saweria.co (Donatur dan Penerima Donasi)

Saweria.co bisa disebut sebagai sebuah platform monetisasi lokal dengan jenis donasi, dimana mereka tidak menyediakan fasilitas live stream. Jadi platform ini hanya menyediakan fasilitas monetisasi yang bisa anda pasang ke livestreaming, yang anda tayangkan pada platform manapun. Saweria sendiri memiliki tagline yaitu “jembatan interaksi dengan penontonmu”, dimana mereka berusaha mempermudah streamer untuk mendapatkan donasi dari penonton.

Anda bisa melakukan live dengan menggunakan platform live streaming yang telah ada seperti Facebook Live, NimoTV, Youtube, Twitch, dan lain sebagainya. Sejauh ini sudah cukup banyak pengguna yang streaming sambil bermain game, tutorial mengedit foto atau video, DJ show, podcast, tutorial menggambar, membuat musik, karaoke, dan lain sebagainya. Saweria sangat terbuka terhadap ide ide anda dalam menggunakan layanan.

Saweria terintegrasi dengan software broadcasting yang memiliki fitur Browser Source, jadi anda bisa menggunakan SLOBS atau OBS. Meski tidak memiliki syarat dan ketentuan yang ribet, tetapi tentu saja semua ini harus sesuai dengan hukum yang ada di Indonesia. Sebelum mengetahui Panduan Donasi Saweria.co (Donatur dan Penerima Donasi), anda bisa mempelajari detail mengenai syarat dan ketentuan Saweria pada laman https://saweria.co/terms.

Tutorial Menggunakan Saweria


Mengintip Panduan Donasi Saweria.co (Donatur dan Penerima Donasi)

Karena Saweria tidak menyediakan fasilitas live streaming, maka anda wajib setting streaming sendiri secara manual. Mulai dari sebuah komputer atau laptop, aplikasi live steam, akses pada akun platform live streaming, kamera serta mikrofon jika ingin, serta koneksi internet yang stabil untuk melakukan live stream. Setelah itu lakukan pendaftaran akun di Saweria.co, klik tombol daftar dan isi semua formulir yang tersedia.

Mengintip Panduan Donasi Saweria.co (Donatur dan Penerima Donasi)

Setelah memiliki akun, pada halaman admin anda bisa melakukan persiapan setting monetisasi donasi. Pada halaman admin, klik logo Saweia.co lalu klik menu overlay. Di sini nantinya akan terdapat 5 overlay yang bisa anda pasang pada aplikasi live stream. Salah satunya yaitu QR Code, yang dapat discan oleh para penonton untuk melakukan donasi. Lalu ada alert donasi yang akan muncul setiap ada penonton yang memberikan donasi.

Mengintip Panduan Donasi Saweria.co (Donatur dan Penerima Donasi)

Panduan Donasi Saweria.co (Donatur dan Penerima Donasi) selanjutnya adalah ketika sudah terdapat donasi yang masuk. Sebagai penerima donasi, anda bisa melakukan pencairan uang dengan sangat mudah. Di halaman donasi, klik cairkan lalu masukkan nama serta bank tujuan pencairan. Kemudian isi data nomor rekening, nama pemilik rekening, serta jumlah saldo yang ingin anda cairkan dimana minimal uang yang bisa dicairkan adalah sejumlah 100 ribu rupiah. 

Sedangkan untuk donatur bila ingin memberikan dukungan kepada seorang content creator, sekurang kurangnya harus mengisi alamat email aktif serta nomor telepon aktif. Sebagai donatur, anda juga bisa mendaftar sebagai pengguna serta membuat akun dengan memberikan beberapa data lainnya. Metode pembayaran yang bisa dilakukan yaitu dengan e-wallet seperti Gopay, Ovo, Dana, dan lain sebagainya. 

Mengintip Panduan Donasi Saweria.co (Donatur dan Penerima Donasi)

Cara donasinya juga cukup mudah, anda hanya perlu melakukan scan QR Code yang ada pada halaman si content creator dengan menggunakan barcode scanner. Setelah itu, anda akan diarahkan menuju pada halaman donasi untuk memilih jenis pembayaran serta nominal yang diinginkan (minimal 10 ribu). Itulah Panduan Donasi Saweria.co (Donatur dan Penerima Donasi) yang bisa anda ikuti.

Saweria hadir untuk mempermudah streamer anak dalam negeri, untuk mendapatkan donasi atau tip dari penonton lokal. Layanan merupakan sebuah jembatan yang membantu anda untuk mendapatkan dukungan finansial, dari berbagai orang penikmat karya yang anda miliki. Dukungan ini juga bersifat tidak mengikat atau sekali putus (bukan langganan), jadi sangat memudahkan juga bagi para donatur.

Post a Comment for " Mengintip Panduan Donasi Saweria.co (Donatur dan Penerima Donasi)"