Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Aplikasi Belajar Online Android yang Paling Populer


Masa pandemi Covid 19 membuat Indonesia masih memberlakukan aturan agar para siswa tetap melakukan aktivitas belajar mengajar secara daring. Untuk mendukung aktivitas tersebut, sudah cukup banyak perusahaan teknologi yang menawarkan kemudahan dalam rangka mendukung proses belajar secara online. Berikut beberapa aplikasi belajar online android terpopuler yang bisa anda unduh melalui Google Play Store. Simak ulasan lengkapnya.


Aplikasi Belajar Online dengan Rating Tinggi


1. Rumah Belajar


Rumah Belajar merupakan aplikasi resmi dari Kemendikbud untuk membantu putra putri Indonesia dalam belajar di rumah. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store, dan hanya membutuhkan ruang sebesar 30.29 MB saja sehingga tidak menguras kapasitas memori. Sebagai portal pembelajaran via daring, konten yang disediakan oleh Rumah Belajar meliputi gambar, audio, video, serta animasi yang disajikan secara interaktif.


Aplikasi belajar online ini juga tidak lupa untuk menyediakan Bank Soal, mulai dari untuk tingkat SD, SMP, SMA/K, juga SLB. Materi pembelajaran untuk PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini pun juga tersedia di dalam aplikasi Rumah Belajar ini. Terdapat juga fitur seperti Kelas Maya, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Sumber Belajar, dan lain sebagainya yang berguna dalam mendukung proses pembelajaran selama di rumah.


2. Ruangguru


Aplikasi belajar online android yang paling populer di Indonesia saat ini rasanya pantas disandang oleh Ruangguru. Siapa yang tidak mengenal aplikasi satu ini, marketing serta promosi besar besaran di berbagai stasiun televisi tentu membuat banyak orang mengetahui keberadaan Ruangguru. Aplikasi belajar online ini sendiri menyediakan semua jenjang kelas serta mata pelajaran inti. 


Dimana semua pelajaran tersebut disuguhkan dengan kurikulum nasional, serta dipandu oleh guru profesional yang tergabung di Ruangguru. Selain itu, pengguna juga bisa mengerjakan soal pada fitur Bank Soal dan TryOut secara gratis. Beberapa program ini bisa digunakan oleh semua pengguna aplikasi, baik yang telah berlangganan maupun belum. Bila dibandingkan aplikasi belajar lainnya, Ruangguru memiliki kapasitas ukuran paling besar yaitu 82.76 MB.


3. Kelas Pintar


Kelas Pintar merupakan salah satu aplikasi belajar online android yang populer, dimana aplikasi ini memberikan solusi belajar lengkap mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA. Penggunanya dapat belajar sesuai dengan gaya belajar masing masing, baik itu secara visual, audio, atau kinestetik. Dengan menyuguhkan metode belajar yang interaktif melalui ebook dan video serta animasi, maka belajar di Kelas Pintar menjadi lebih efektif dan menyenangkan.


Melalui aplikasi belajar online ini, pengguna juga bisa berlatih soal dalam bentuk VBQ (Value Based Questions), Virtual Lab, dan HOTS (high order thinking skills). Hasil belajarnya akan dievaluasi dengan menggunakan soal pilihan ganda, tes adaptif, serta tes periodik. Aplikasi Kelas Pintar dapat diunduh melalui Google Play Store dengan kapasitas 56.70 MB, sehingga tidak menguras storage.


4. Zenius


Aplikasi belajar online Zenius menyediakan puluhan ribu video materi belajar super lengkap untuk jenjang pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK yang telah disesuaikan dengan KTSP, kurikulum 2013, dan kurikulum 2013 versi revisi. Pengguna aplikasi bisa mengakses mata pelajaran, tes tryout, dan ujian mandiri secara gratis. Aplikasi belajar online android ini bisa diunduh pada Google Play Store dengan kapasitas sebesar 67.48 MB.


Berbagai platform belajar online ini dihadirkan oleh startup pendidikan dan perusahaan teknologi dengan banyak kemudahan. Hal ini dilakukan agar para siswa bisa belajar dengan nyaman meski dari rumah. Bahkan beberapa aplikasi menyediakan sekelompok fitur bagi guru atau sekolah, untuk membuat kelas online hingga program live teaching layaknya sekolah seperti biasa. 

Post a Comment for " Daftar Aplikasi Belajar Online Android yang Paling Populer"