Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Kirim SMS

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Kirim SMS


Hampir semua merk HP Android pernah mengalami permasalahan tidak bisa mengirim SMS. Walaupun dengan mengganti kartu provider permasalahan ini masih tetap ada. Lantas, bagaimana cara mengatasi hp android tidak bisa kirim sms ?


Walaupun sekarang kebanyakan pengguna android menggunakan whatsapp untuk mengirimkan pesan. Ada kalanya ketika tidak ada koneksi internet, pesan SMS menjadi sangat penting.


Dalam urusan pekerjaan, kebutuhan komunikasi sangatlah penting. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, lebih baik mencari tahu apa penyebabnya terlebih dahulu.


Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Kirim SMS



Penyebab terbanyak HP Android tidak bisa mengirim SMS karena pulsa tidak cukup. Hal ini dikarenakan untuk mengirim sebuah SMS akan dibebankan biaya pulsa tergantung dari provider masing-masing.


Berkurangnya pulsa banyak penyebabnya, bisa jadi kalian berlangganan nada dering, mengaktifkan internet dengan beban reguler yang banyak dari pengguna HP kurang menyadarinya.


Jika memang gangguan dari internal seperti jaringan yang bermasalah atau kondisi HP yang bermasalah, bisa diselesaikan dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi HP Android tidak bisa mengirim SMS.


Registrasi Ulang


Untuk peraturan baru saat ini, setiap kartu SIM baru harus mengaktifkan dengan mendaftarkan memakai data NIK dan KK. Jika belum melakukan registrasi maka seluruh layanan dari kartu SIM tersebut tidak akan bisa diakses termasuk SMS. Lakukan registrasi ulang dengan menggunakan NIK dan KK lewat SMS ke nomor 4444.


Karena bisa saja layanan SMS kamu diblokir karena tidak melakukan proses registrasi ini.


Mengatur Nomor SMS Center


SMS Center atau SMSC adalah elemen penting dalam jaringan seluler untuk mengirimkan pesan. SMSC bertugas sebagai server yang berfungsi untuk menyimpan, meneruskan dan mengirimkan pesan SMS. Bisa saja SMSC kamu bermasalah seperti hilang, terhapus atau sebagainya.


Tidak perlu khawatir, kamu bisa mengatur ulang SMSC di pengaturan HP Android kamu. Pastikan nomor SMSC kamu sesuai dengan kartu SIM yang dipakai. Berikut adalah kode SMSC setiap provider.


  • SMSC Telkomsel +6281100000
  • SMSC Indosat Mentari +62816124
  • SMSC Indosat IM3 +62855000000
  • SMSC Three +6289644000001
  • SMSC XL +62818445009
  • SMSC Axis +628315000032
  • SMSC Smartfren +628811223344


bisa jadi faktor tidak bisa mengirim SMS di HP Android kamu adalah tidak terisinya nomor SMSC. Karena nomor SMSC adalah elemen penting dalam mengirim SMS, pastikan hal ini sudah terisi.


Kartu SIM Bermasalah


Untuk mengetahui kartu SIM kita bermasalah atau tidak, lakukanlah perbandingan dengan HP yang lainnya seperti punya saudara, orang tua atau teman. Usahakan perbandingan dengan kartu SIM yang sama. Hal ini untuk mengetahui ada atau tidaknya gangguan jaringan di wilayah kamu. Indikator awal adalah ada atau tidaknya jaringan di HP android kamu, jika muncul tanda (X) di sinyal bisa jadi memang tidak ada jaringan atau tidak benarnya pemasangan kartu SIM di HP Android kamu.


Jika memang penyebab permasalah di kartu SIM tidak bisa terbaca seperti kuningan kotor, patah atau banyak goresan, kamu bisa mengunjungi galeri provider terkait untuk minta diganti kartu SIM tersebut. Biasanya dengan menunjukkan identitas, maka kartu SIM kita bisa diganti.


Nomor Tujuan Tidak Benar


Seperti kita tahu untuk nomor SIM mempunyai 10 - 13 digit angka. Kadang kita salah memasukkan angka nomor tujuan. Hal ini bisa menyebabkan kita mengirim SMS dengan orang yang salah atau SMS tidak terkirim karena tidak ada yang memiliki nomor tersebut.


Status Nomor Dalam Masa Tenggang


Untuk saat ini kebanyakan dari kita lebih sering menggunakan internet daripada pulsa. Hal ini yang menyebabkan dari kita sering mengabaikan masa tenggang sebuah kartu. Walaupun kita memiliki pulsa tetapi memasuki masa tenggang, maka layanan seperti telpon dan SMS tidak bisa digunakan. Maka segera isi pulsa agar tidak habis masa aktifnya.

Post a Comment for " Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Kirim SMS"