4 Ide Foto Yang Laris di Microstok
Pada dasarnya semua jenis foto laku dijual di microstok baik foto yang tipe komersial maupun editorial. Misalkan kamu punya foto diluar ekspektasi seperti foto blur sebuah taman bisa laku terjual sebanyak 11 kali dengan total pendapatan 16.31 USD. Kemudian juga ada satu foto asbes di atap kantor juga laku terjual sebanyak 9 kali dengan total pendapatan 13.52 USD. Tidak disangka ternyata foto-foto blur juga banyak dibutuhkan orang. Nah, kali ini kami akan membagikan 4 tips bagaimana memproduksi sebuah foto yang lebih tertarget, jadi tidak sembarangan seperti foto tersebut dan kamu bisa fokus dengan tips-tips yang diberikan.
Cara Mendapatkan Ide Foto Yang Laris di Microstok
1. Pantau Forum Komunitas Kontributor
Bagi teman-teman istock dan gettyimages diforum kontributor mereka tiap bulannya biasanya mengeluarkan satu brief berisi foto apa saja yang sebaiknya di produksi oleh kontributor. Mengenai konsep akan di sebutkan didalam forum tersebut. Contohnya dalam bulan juli kemarin mengeluarkan konsep 'City Scenes in the Rain' jadi konsepnya seperti gedung-gedung bertingkat di jakarta yang sedang turun hujan. Instruksi dan penjelasannya cukup jelas untuk diikuti dan diberikan keyword yang disarankan untuk konsep tersebut.
2. Custom Content dan Creative Content
Custom Content itu hanya bisa diakses oleh kontributor eksklusif baik di iStock maupun Gettyimages. Sedangkan creative content bisa diakses oleh kontributor eksklusif dan non-eksklusif iStock maupun Gettyimages.
Custom Content adalah permintaan khusus dari client iStock atau Gettyimages yang ingin membeli foto dengan konsep dan brief tertentu. Maka kontributor dari seluruh penjuru dunia akan membuat konten dan client tersebut akan memilih foto mana yang akan mereka beli dengan harga yang besar sekitar 1 foto senilai 100 USD. Dan foto yang dibeli sangat-sangat eksklusif karena hanya sekali pengambilan foto. Sedangkan foto yang tidak terpilih oleh client akan masuk kedalam portofolio iStock maupun Gettyimages.
Creative Content bisa diakses oleh semua kontributor. Kalian bisa liat di brief, sebaiknya kalian mengikuti brief tersebut karena sudah dengan analisa mereka pencocokan calon-calon pembeli dengan konsep foto yang dicari.
3. Momen Luar Negeri
Yang perlu dipertimbangkan adalah momen diluar negeri khusunya di amerika dan eropa. Hal ini dikarenakan kebanyakan pembeli berasal dari amerika dan eropa. kalian bisa riset momen-momen penting seperti di bulan oktober ada event haloween, mungkin kalian bisa memanfaatkan momen ini. Jadi bulan sebelum Oktober kalian sudah harus menyiapkan foto-foto konsep mengenai haloween. Bahkan jika kalian pulang kemudian ada demo, maka kalian bisa menjadikan momen ini sebuah peluang.
4. Perbanyak Kuantitas Foto
Kita tidak tau foto mana yang laku dijual karena tergantung dari kebutuhan si pembeli. Maka dari itu terus perbanyak foto dengan konsep yang berbeda dan kualitas yang terus meningkat. Jika portofolio kalian sudah beragam, maka suatu saat akan bisa terjual.
Demikian adalah 4 Tips agar foto laris dijual di microstok. Foto tidak akan ekspired dan bisa dijual sepanjang waktu. Hal ini bisa menjadi investasi jangka panjang yang menarik.
Post a Comment for " 4 Ide Foto Yang Laris di Microstok"