Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Mudah Cara Membuat Absensi di Google Classroom



Sekarang lagi maraknya sistem WFH (Work From Home) atau SFH (School From Home) dimana semua kegiatan dilakukan dirumah. Tentunya pengontrolan kehadiran yang biasa dilakukan dengan tatap muka menjadi permasalahan tersendiri. Google Classroom aplikasi bawaan dari google yang bisa memudahkan untuk absensi secara online. Google Classroom bisa diunduh melalui HP Android, iOS, komputer atau laptop. Dengan menggunakan Absensi dari Google Classroom seorang guru atau supervisor tempat bekerja tidak perlu repot mendata sendiri atau membuat aplikasi tersendiri untuk mengontrol kehadiran siswa atau karyawannya. Tentunya Google Classroom ini gratis.


Cara Absen di Google Classroom Dengan Mudah



Pastikan telah mengunduh aplikasi Google Classroom. Untuk HP Android bisa mengunduhnya di Play Store, Bagi Apple bisa mengunduhnya di Apps Store dan yang menggunakan PC/Laptop kamu bisa mengunjungi situs classroom.google.com di browser kamu. Sebelum mengakses aplikasi Google Classroom pastikan juga kamu mempunyai email dari google.


Google Classroom dibagi menjadi 2 pengguna


1. Administrator (Guru/Supervisor)

2. Participant (Siswa/Karyawan)


Dimana 2 tipe user diatas mempunyai peran yang berbeda. Administrator bertugas untuk membuat kelas, absen, jadwal pengajaran hal ini untuk mempermudah siswanya menentukan jam pelajarannya.


Untuk memudahkan cara menggunakan Google Classroom, berikut akan dijelaskan cara membuat absen oleh administrator dan cara mengisi absen oleh participat. Ikuti langkah-langkah berikut ini.


Cara Membuat Absensi Google Classroom Oleh Administrator


1. Buat Database kehadiran siswa/karyawan dengan menggunakan Google Drive. Cara berikut dilakukan di PC/Laptop via Browser. Masuk Ke Google Drive buat formulir dengan cara klik Menu > Baru > Lainnya > Google Formulir.


2. Buat Judul Formulir, contoh "Absensi Siswa Bulan September"


3. Isi pertanyaan-pertanyaan seperti Mata Pelajaran, Guru Bidang Studi, Jam Pelajaran, dan sebagainya


4. Tambahkan opsi Izin, Sakit atau Alpha pada baris kedua setelah nama siswa.


Pastikan juga telah membuat Nama Class di Google Classroom dan kaitkan dengan google forms.


Cara Absensi Google Classroom Sebagai Siswa/Karyawan


1. Buat terlebih dahulu akun gmail yang berguna sebagai nama user di google classroom.


2. Kamu bisa login menggunakan komputer atau HP smartphone kamu. Jika menggunakan komputer, kamu bisa menggunjungi classroom.google.com atau kamu bisa mendownloadnya di Play Store jika menggunakan HP Smartphone.


3. Mintalah Kode kelas pada guru atau supervisor agar bisa login ke google classroom. atau mendapat link undangan dari guru/supervisor via email yang nanti secara otomatis bisa terhubung ke google classroom.


Nah, simpel bukan cara absen dari google classroom ? Selain gratis, cara ini banyak digunakan oleh sekolah-sekolah yang sedang belajar dirumah.

Post a Comment for " Panduan Mudah Cara Membuat Absensi di Google Classroom"