Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HP Android Kamu Bootloop ? ini Cara Mengatasinya


Mungkin masih banyak yang belum tau apa itu Bootloop. Bootloop adalah kondisi dimana hp android kamu terus menerus dalam kondisi restart tetapi hanya sampai menampilkan logo saja. Sebagaimana biasanya saat me-restart, tampilan hp akan padam, lalu muncul logo hp atau android yang kemudian hp tersebut nyala dan masuk ke menu utama. Kondisi ini bisa dialami semua hp android dengan berbagai merk seperti Vivo, OPPO, Asus Zenfone, Lenovo, HTC, Motorola, LG, Xiaomi, Redmi, Panasonic, Samsung, Polytron, Acer, LUNA, Coolpad, Axioo dan lainnya. Jadi, jika hp kamu bermasalah dengan bootloop yang dimana sering mati sendiri dan ketika dinyalakan hanya sampai logo saja.

Kondisi hp kadang beragam, ada yang mati sendiri dan kadang juga restart sendiri. Tentunya hal ini sangat meresahkan, apalagi hp android tersebut memiliki data-data penting yang bisa menggaggu aktifitas kita. Kebanyakan dengan adanya kasus bootloop ini, kita langsung terpikirkan untuk membawanya ke tempat service atau langsung menjualnya dengan harga yang bisa dibilang jatuh. Tidak perlu panik, sebenarnya ada cara untuk mengatasi hp android yang bootloop sehingga tidak perlu menjualnya atau menjualnya dengan harga yang sangat rendah.

Sebelum kita memperbaiki hp android yang terkena masalah bootloop, ada baiknya kita mengerti penyebab terjadinya bootloop. Hal ini membantu agar masalah ini tidak terjadi lagi dikemudian hari.

Penyebab HP Android Bootloop


Secara umum ada 4 penyebab hp android bootloop sehingga tidak bisa hidup. Diantaranya sebagai berikut:

  1. Proses rooting yang tidak sempurna
  2. Proses upgrade / update O.S tidak berhasil
  3. Corrupt file pada ROM
  4. Proses Install Ulang yang tidak sempurna

Setelah mengetahui penyebab umum terjadinya bootloop pada hp android yang kebanyakan permasalah internal, berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi hp android yang hanya hidup tapi mentok di logo saja.

Cara Mengatasi HP Android yang selalu restart dan hanya mentok di logo


1. Hapus Chache Sistem


Walaupun hp dalam keadaan hidup dan mati mentok sampe logo saja, ternyata kita bisa masuk ke sistem melalui 'Recovery Mode' dan cara ini hampir ada di semua HP Android. Bisa jadi permasalahan terjadinya bootloop karena chache yang menumpuk dan menyebabkan kinerja hp terganggu. Walaupun hp android memiliki cara yang berbeda-beda untuk memasuki sistem 'Recovery Mode', pada dasarnya sama semua. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut.

demo : HP VIVO

  1. Tekan tombol 'Power + Volume Down' secara bersamaan dan lakukan selama beberapa detik hingga keluar logo hp
  2. Masuk menu 'Recovery Mode'
  3. Pilih menu 'Advanced'
  4. Pilih menu 'Wipe-Dalvik Chace'
  5. Pilih menu 'Mounts & Storage'
  6. Pilih opsi 'Wipe/Chache'
  7. Done

2. Wipe Chache Partition


Cara ini hampir sama dengan cara sebelumnya, hanya saja cara ini membersihkan semua chache dalam partisi. Cara ini dilakukan ketika cara sebelumnya tidak ada efek apapun.

demo : HP VIVO

  1. Masuk ke 'Recovery Mode' seperti cara sebelumnya
  2. Masuk menu 'Wipe Cache Partition', pilih 'yes' saat muncul notifikasi
  3. Done

3. Wipe Data / Factory Reset


Ini merupakan cara yang paling terakhir dan ampuh jika kedua cara diatas masih belum bisa. Dan cara ini mengharuskan semua data yang tersimpan di HP Android akan hilang yang nantinya semua settingan kembali ke default awal seperti awal pertama beli dari toko. Berikut caranya.

demo : HP Vivo V5

  1. Pastikan cas terlebih dahulu hp android kamu setidaknya minimal 50%, karena jika proses ini gagal ditengah jalan saat kehabisan baterai, bisa jadi file tersebut corrupt dan akan menambah masalah lain.
  2. Masuk ke 'Recovery Mode' seperti cara sebelumnya
  3. Select 'Boot', kemudian gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk menentukan pilihan
  4. Pilih opsi 'Wipe Data/Factory Reset' dan tekan tombol power untuk konfirmasi
  5. Pilih menu 'Reboot System'
  6. Tampilan HP akan kembali seperti default factory
  7. Setting sesuai keinginan
  8. Done

Demikian ulasan solusi masalah hp android bootloop alias selalu restart mentok hanya dilogo. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "HP Android Kamu Bootloop ? ini Cara Mengatasinya"