Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Tau Berapa Gaji Streamer di Beberapa Platform ?

Ingin Tau Berapa Gaji Streamer ?

Saat ini dunia game bisa menjadi ladang bisnis. Tidak hanya mendapatkan kesenangan saat memainkannya tetapi kamu bisa mendapatkan uang hanya dengan bermain game. Jika kamu tidak bisa menjadi seorang proplayer di sebuat tim esport, kamu bisa menjadi seorang caster atau streamer. Penasaran dengan berapa besar gaji mereka ? Berapa Gaji Streamer ?

Menjadi seorang streamer tidak harus seorang proplayer yang mempunyai skill mumpuni. Intinya adalah interaksi streamer dan viewer hidup. Kadang viewer menonton untuk gameplay, update meta baru, update hero, review skin bahkan hanya sekedar podcast tanya jawab dengan viewer atau sesama streamer di discord.

Para streamer hanya bisa live streaming di satu platform. Platform untuk streaming seperti Youtube, Facebook Gaming, Nimo Tv, Cube Tv, Twitch dan Omlet Arcade. Khusus di Indonesia hanya ada 3 top platform saja untuk bisa menonton streamer game idola kamu, Youtube, Nimo TV dan Facebook Gaming. Nah, dari 3 platform ini kita akan kulik berapa gaji streamer di masing-masing platform.

Ingin Tau Berapa Gaji Streamer ?



1. Streamer di Youtube


Ingin Tau Berapa Gaji Streamer ?

Seperti kita tau sekarang youtube mempunyai shortcut atau menu khusus untuk youtube gaming. Jadi ketika kamu masuk ke menu youtube gaming, maka akan muncul semua video mengenai gaming. Penghasilan di Youtube didapatkan dari Google Adsense, dimana setiap viewers saat melihat video dari streamer akan bersliweran iklan. Sistem pendapatan dari youtube berdasarkan RPM (Revenue Per Mille) atau pendapatan dari per seribu view, dimana jumlah penonton dikalikan RPM. Misalkan RPM video kamu adalan 4.000 dan yang menonton 1.000.000 views maka kamu akan mendapatkan penghasilan Rp.4jt. Dan itu hanya dengan satu video saja. Maka dari itu youtube adalah salah satu platform yang memberikan gaji terbesar bagi para streamer.

Estimasi Gaji : Rp.1,3jt - Rp.100jt

2. Streamer di Facebook Gaming


Ingin Tau Berapa Gaji Streamer ?

Diplatform facebook gaming berbeda dengan youtube. Mereka diharuskan untuk live streaming dengan target tertentu seperti syarat durasi live streaming dan target star. Biasanya para streamer melakukan live streaming selama 2 - 3 jam perhari. Ada dua jenis pendapatan yang bisa diperoleh bagi streamer di facebook gaming yaitu dari facebook itu sendiri dan dari viewes yang menonton secara live berupa gift star yang nantinya bisa ditukarkan dengan uang. Gaji streamer di facebook dibagi menjadi beberapa tier. Gaji mulai 15 juta hingga ratusan juta. Selain itu juga bisa menukarkan Star dengan konversi 100 star = 1 USD.

Estimasi Gaji : Rp.5jt - Rp.100jt

3. Streamer di Nimo TV


Ingin Tau Berapa Gaji Streamer ?

Sistem gaji di nimo tv hampir mirip dengan facebook gaming. Tetapi untuk saat ini nimo tv tidak ada gaji pokok kecuali kamu mendapatkan kontrak exclusif dari nimo tv. Kamu hanya bisa mendapatkan gems yang nanti bisa diconversikan menjadi uang dari menang event di nimo tv atau gift dari viewes. Tentuhnya hal ini sedikit berat bagi streamer pemula yang belum meiliki fanbase. Mungkin untuk mendapatkan penghasilan lebih kamu bisa menambahkan link donasi saweria atau sociabuzz.

Estimasi Gaji : Rp.750rb - Rp.14jt

Jika kamu ingin full time menjadi seorang streamer gaming, mungkin kamu bisa mengkombinasikan 2 platform diatas. Seperti saat live menggunakan Nimo TV atau Facebook Gaming kemudian saat record kamu bisa upload hasil live streaming kamu di Youtube, win-win solution bukan ? Jika dirasa gajinya kurang, manfaatkan fitur donasi saat live streaming dengan saweria atau sociabuzz. Nah, sudah tau kan estimasi gaji streamer ? Tunggu apa lagi ? Main, Record dan dapet uang deh.

Post a Comment for " Ingin Tau Berapa Gaji Streamer di Beberapa Platform ?"